Jumat, 06 Februari 2015

DIY: Membuat Lampu Tidur Homemade




Pada postingan pertama ini saya akan mempraktikan cara pembuatan lampu tidur. Buatan sendiri tentunya hehe. Kebutuhan lampu tidur menjadi kebutuhan primer maupun sekunder dalam sebuah kamar tidur, tergantung kebutuhan dasri masing-masing orang. Karena ada sebagian orang yang tidak nyaman tidur dalam keadaan lampu menyala terang maupun dalam keadaan gelap. Lampu tidur pun menjadi solusinya karena cahayanya yang redup. Baik itu sebagai penerangan di waktu tidur, maupun sebagai penghias kamar.

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah tentukan desain lampu tidur yang kita inginkan. Desainnya dapat anda cari di mbah google, maupun sesuai kreativitas anda sendiri. Kedua adalah menumpulkan bahan-bahan dan alat yang diperlukan. Karena yang saya buat adalah lampu tidur yang bukan dari barang bekas, maka perlu sedikit modal untuk membuatnya. Bahan-bahan yang diperlukan diantaranya adalah:

  1. Kayu batangan, anda bisa mendapatkannya di toko kayu dengan harga 6000-10.000 rupiah per batang.
  2. Triplek 
  3.  Lampu bohlam 5 watt dan tempatnya
  4. Kabel + colokan + saklar
  5. Fiber yang biasa digunakan untuk penutup pagar
  6. Lem kayu
  7. Cat minyak
  8. Gergaji
  9. Penggaris
  10. Spidol  
Berikut adalah langkah-langkah membuatnya:
1. Bentuklah kayu seperti pada gambar dan alasnya menggunakan triplek dengan ukuran sisi luar 11cmx11cm dan sisi dalam 8cmx8cm. 


2. Potonglah kayu batangan dengan ukuran 40cm dan sesuaikan dengan sisi-sisinya, lalu tempelkan pada alas kayu yang sudah dibuat tadi seperti gambar.

3. Cat lah batangan kayu yang sudah di bentuk tadi menggunakan cat minyak. agar lebih menarik. Namun sebelumnya amplas dulu permukaan kayu agar tidak kasar.

4. Pasanglah lampu, kabel dan saklar pada dasar kayu


5. Potong fiber sesuai ukuran rangka lampu. Pasanglah menggunakan lem.
6. Dan selesai, jadilah sebuah lampu tidur buatanmu sendiri.
      
         



         Memang tidak sebagus buatan pabrik, namun ada sebuah kebanggaan sendiri ketika kita dapat membuatnya. Tentunya Anda dapat membuat dengan desain sesuai kreativitas sendiri. Sekian dari saya, tunggu postingan saya selanjutnya tentang DIY.

Always be creative and do it yourself! :)



1 komentar: